Alat rekam pita mengubah suara menjadi sinyal listrik. Selanjutnya, alat ini merekam sinyal itu pada pita jenis khusus yang mempunyai sifat magnetik.

  • Sistem Perekaman

Pita rekam di buat dari plastik dengan lapisan tipis bubuk besi. Rahasia mengenai perekaman suara pada pita terletak pada bubuk besinya yang dapat dibuat bermagnet, atau diubah menjadi magnet-magnet kecil. Alat rekam pita mengubah suara menjadi sinyal listrik, dan sinyal listrik itu memberikan sifat magnetik pada logam yang terdapat di pita. Sinyal ini kemudian dapat diubah kembali menjadi suara.

  • Suara diubah menjadi sinyal listrik

Selama perekaman, pita berjalan melalui suatu bagian yang disebut kepala. Kepala ini sebenarnya magnet listrik. Kekuatan magnet itu berubah-ubah sesuai dengan kekuatan sinyal listrik yang diterima dari mikrofon. Sewaktu pita melewati kepala, bubuk besi di dalamnya diubah menjadi magnet yang kekuatan magnetiknya sama degan kekuatan magnetik di kepala pada saat itu. Perekaman itu terjadi bersamaan dengan perubahan kekuatan magnet-magnet kecil pada pita.

 

sumber : Causa Edwin dan  Priest W.S.. Bagaimana Pita Dapat Merekam Suara?. Beginilah Kerjanya. Widya Wiyata Pertama Anak-anak Tira Pustaka Jakarta