Mereka  menggunakan alat pelacak ikan. Alat ini mengirimkan gelombang ultrasonic,yang mengenaigerombolan ikan dan dipantulkan kembali ke kapal. Pantulan ini mirip gema, tetapi dapat dilihat di layar pelacak kan sehingga nelayan tahu dimana ikan berada.

Pelacak ikan bekerja persis seperti radar. Tetapi pesawat radar menggunakan gelombang radio, sedangkan pelacak ikan menggunakan gelombang ultrasonic. Gelombang yang dipancarkan dari kapal nelayan ini mudah terpantul kalau mengenai suatu benda di dalam laut karena ukuran gelombangnya pendek. Gelombang bunyi dengan gelombang panjang, seperti yang digunakan di sini karena jenis bunyinya tidak mudah dipantulkan bila merambat di dalam air.

Para nelayan menggunakan keterangan dari satelit. Ikan berenang di daerah samudera yang suhunya paling cocok. Ada satelit yang dapat mengukur suhu samudera. Dengan keterangan tersebut para nelayan dapat mengetahui daerah-daerah samudera yang ada ikannya.

 

sumber : Causa Edwin dan  Alaimo Christine. Bagaimana Nelayan Menemukan Ikan di Samuderayang Luas?. Ilmuan Kecil. Widya Wiyata Pertama Anak-anak Tira Pustaka Jakarta