Kalau listrik mengalir lewat tubuh seseorang atau seekor binatang, alirannya akan menimbulkan sengatan. Tetapi kalau burung bertengger di kabel, listrik mengalir lewat kabel dan tidak melalui burung itu. Itulah sebabnya mengapa si burung tidak kena setrum.

  • Listrik mengalir karena adanya perbedaan voltase antara ujung kabel yang satu dan ujung kabel yang lain. Sebagaimana air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah, arus listrik mengalir dari voltase tinggi ke voltase rendah. Perbedaan antara kabel listrik dan tanah dapat sebesar 100 hingga beberapa ribu volt. Kalau adasesuatu yang memberi jalan antara kabel itu dan tanah, listrik akan mengalir melewatinya.

Bagaimana sengatan listrik dapat menewaskan burung?

Kalau arus listrik melewati suatu benda, akan timbullah panas. Kalau arus kuat melewati burung atau binatang lain, panas yang timbul dapat menyebabkan luka bakar parah. Sengatan listrik dapat menyebabkan jantung binatang berhenti berdenyut. Arus yang sangat kuat dapat menyebabkan cedera parah atau bahkan menyebabkan kematian, tetapi arus yang lemah biasanya tidak berbahaya.

 

sumber : Causa Edwin dan  Alaimo Christine. Mengapa Burung yang Bertengger di Kabel Listrik Tidak Kena Setrum? . Ilmuan Kecil. Widya Wiyata Pertama Anak-anak Tira Pustaka Jakarta