Stasiun radio mengubah suara menjadi gelombang listrik dan memancarkannya ke udara. Radio menangkap gelombang listrik itu dan mengubahnya kembali menjadi suara yang dapat kita dengar.

  • Di stasiun radio
    • Mikrofon

mengubah suara menjadi sinyal listrik.

  • Stasiun pemancar

Stasiun mengirimkan gelombang listrik yang membawa sinyal radio ke udara

  • Antenna pemancar

Semakin tinggi antenna, semakin jauh antenna ini mengirimkan gelombang listrik

  • Studio perekaman

Perekam dimasukkan dalam pita di studio seperti ini :

Meskipun kita tak dapat melihatnya, gelombang listrik dipancarkan ke berbagai arah oleh gelombang radi. Jalan gelombang ini boleh dikatakan lurus, maka bila tak ada yang menghentikannya gelombang itu akan memancar jauh ke antariksa. Gelombang radio berjalan dengan kecepatan cahaya, yang berarti bahwa gelombang radio dapat mengitari bumi tujuh kali hanya dalam waktu satu detik.

Stasiun radio memancarkan gelombang elektromagnetik dengan berbagai frekuensi. Yang termasuk frekuensi ini adalah gelombang menengah untuk penyiaran AM standar, gelombang pendek untuk penyiaran luar negeri, dan frekuensi dangat tinggi untuk penyiaran streo di FM. Stasiun penyiar radio pertama yang komersil di A.S. dibangun oleh stasiun KDKA di Pittsburgh pada tahun 1920. Sekitar tahun itu pula, stasiun penyiar pemerintah mulai beroperasi di Eropa. Penyiaran radio mulai di Uni Soviet pada tahun 1922, di Jepang 1925 dan di India 1926.

sumber : Widya Wiyata Pertama Anak-Anak/Beginilah Kerjanya/Bagaimana Kerja Radio/Tira Pustaka Jakarta